KOMPAS.com – Selain predikat negara kepulauan, Indonesia juga memiliki garis pantai terpanjang nomor kedua di dunia dengan panjang sekitar 99.093 kilometer.

Dengan panjang pantai tersebut, Indonesia memiliki deretan pantai yang bisa dikunjungi di masa liburan. Bahkan, saat musim hujan sekalipun, ada banyak pantai yang dapat didatangi di Indonesia. Berikut 5 di antaranya.

Mandeh

Cobalah pergi ke Kawasan Wisata Mandeh yang terletak dua jam dari Kota Padang ditempuh melalui jalur darat. Obyek wisata yang dapat dikunjungi di Kawasan Wisata Mandeh adalah Puncak Bukit Mandeh, Mandeh, Pulau Cubadak, Pulau Marak, Carocok, Pulau Cingkuak, dan Batu Kalang.

Di sana, ketika tiba di pantai misalnya di Pulau Cingkuak, pasir putih pantai akan terlihat. Di Kawasan Wisata Mandeh, hal yang bisa dilakukan adalah menelusuri pantai, snorkeling, hingga menyelam.

Jika ingin sesuatu yang berbeda, cobalah untuk bermain paralayang dan paramotor di Puncak Bukit Langkisau yang masih berdekatan dengan Mandeh. Walaupun musim hujan, perjalanan bisa akan lancar karena kondisi jalan menuju Mandeh tergolong baik.

MarcellPantai Ayah, Kebumen, Jawa Tengah

Kebumen

Walaupun musim hujan, tidak sulit mengunjungi pantai-pantai di pesisir selatan Kebumen. Pengunjung tak perlu naik kapal menyeberang ke pulau tertentu untuk bisa mendatangi pantai-pantai tersebut.

Memang sebaiknya berkunjung di pagi hari ketika ombak relatif tenang. Biasanya hujan terjadi di sore hari.

Sederet nama pantai bisa didatangi seperti Pantai Surumanis, Pantai Lampon, Pantai Bopong, Pantai Pasir, Pantai Karang Agung, Pantai Pedalen, Pantai Desa Tegalretno, dan pantai-pantai lain.

Simeuleu

Jika ingin bermain-main di pantai, coba pergi ke Simeulue. Simeulue merupakan sebuah kabupaten dengan gugusan kepulauan terdiri dari 41 pulau besar dan kecil. Kepulauan ini terletak di Samudera Indonesia, 194,46 kilometer dari Meulaboh, Aceh.

Berselancar di Pulau Simeulue adalah aktivitas yang sangat disarankan. Ombak dengan ketinggian 5 meter, laut bersih, dan langit cerah menjadi idaman banyak peselancar.

Titik-titik yang bisa dikunjungi untuk berselancar adalah Pantai Nancala, Matanurung Busung, Alus-alus, Salur, La’ayon, Pulau Batu Berlayar, Pulau Mincau, dan Pulau Teupah. Simeuleu termasuk kawasan laut dan pantai yang bisa dikunjungi sepanjang tahun.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Turis domestik mencoba wahana banana boat di Pantai Tanjung Lesung, Banten.

Tanjung Lesung

Masih musim hujan tetapi ingin wisata ke pantai? Coba pergi ke Tanjung Lesung di Provinsi Banten. Pantai Tanjung Lesung cocok dikunjungi pada musim hujan karena hanya terletak sekitar 190 kilometer dari ibukota Indonesia yakni Jakarta.

Di sana, hamparan pasir putih yang membentang sepanjang 13 kilometer menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Di Tanjung Lesung khususnya di Beach Club, menawarkan wisata olahraga air seperti banana boat, kayak laut, hingga snorkeling.

Nah berarti, Anda akan berbasah-basah ria sambil menikmati petualangan di alam Tanjung Lesung. Tersedia resor sehingga jika hujan turun Anda bisa bermalas-malasan di penginapan. Sebaiknya ke pantai di pagi hari.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESPulau Rurbas kecil di gugusan Pulau Padaido, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis (5/7/2012). Gugusan pulau Padaido merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang ada di Kabupaten Biak Numfor. Di gugusan kepulauan ini terdapat puluhan titik selam dengan keindahan terumbu karang dan ratusan spesies ikan.

Biak

Ingin ke Papua di musim hujan? Alternatif “terdekat” adalah Biak. Sebab, tersedia pesawat langsung dari Jakarta (sebagai ibu kota negara).

Ada banyak pantai tanpa perlu menyeberang dengan kapal. Pun, jika ingin menyeberang ke pulau dengan kapal, jaraknya relatif dekat.

Coba pergi ke Pantai Segara Indah atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Bosnik, Pantai ini terletak di sisi timur Pulau Biak tepatnya di Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Propinsi Papua. Pasir putih yang tersedia cocok untuk berjemur atau sekedar menjelajah pantai.
Sumber : Klik

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F
Share This

Share This

Share this post with your friends!